Posted by : Unknown Jumat, 02 Agustus 2013


Aplikasi Android dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Oleh karena itu JDK harus sudah terinstall pada computer kita. Berikut adalah cara menginstall JDK, pada proses penginstallan ini menggunakan JDK 6 Update 27.

Langkah-langkah penginstallannya adalah sebagai berikut :
  1. Untuk memulai penginstallan klik dua kali pada ikon installer JDK yang anda miliki. Jika belum mempunyai installer JDK silakan Download di http://java.sun.com/javase/Downloads/widget/jdk6.jsp untuk JDK 6 Update 27.
  2. Klik tombol Accept pada Licese Agreement
  3. Klik tombol Next
  4. Tunggu proses installasi selesai
  5. Ketika proses installasi sedang berlangsung, akan muncul destination folder, kemudian klik Next.
  6. Sebagai akhir dari proses installasi klik tombol Finish
  7. Proses installasi pun selesai. Untuk mengecek hasil installasi yang tadi dilakukan, buka Command Promt (klik start, ketik CMD pada kotak search) kemudian ketikkan java. Jika installasi berhasil maka tampilannya akan seperti gambar dibawah.
[g.jpg]Instalasi JDK 
Konfigurasi Path Jika ketika mengetikkan javac pada Command Prompt muncul seperti gambar dibawah, itu berarti konfigurasi path tidak diset dengan benar, sehingga program java tidak bisa dijalankan dengan baik.
[h.jpg]Ketika command javac diketikkan
Tekan windows+pause break pada keyboard, lalu akan muncul jendela baru kemudian klik Advanced system setting.Agar program java bisa dijalankan dengan baik, perlu mengedit konfigurasi path pada sistem operasi. Adapun langkah untuk mengedit konfigurasi path tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Klik tombol Environment Variables. Maka jendela baru pun akan muncul.
    system propertiesSystem Properties
     
  2. Jika pada System Variables sudah terdapat PATH yang mengarah ke folder bin dalam JDK, berarti konfigurasi sudah benar. Tapi, jika tidak Klik tombol New pada System Variables
    [j.jpg]Environment variables 
  3. Masukkan nama variable dan alamat folder bin dari JDK yang terinstall pada komputer. Misalnya nama variable:PATH dan alamat folder : C:Program FilesJavajdk1.6.0_27bin ;
    Konfigurasi PathKonfigurasi Path
  4. Kemudian buka Command Prompt, Ketikkan java  –version pada Command Prompt untuk melihat versi java yang aktif.
  5. Langkah yang terakhir adalah mengetikkan javac pada Command Prompt. Jika tampilannya seperti gambar dibawah maka konfigurasi path telah berhasil.
    [n.jpg]Konfigurasi Path Sukses

Selamat, JDK sudah berhasil diinstall :)
Catatan terkait  dengan penggunaan JDK (Java Development Kit)
Java Development Kit (JDK) yang terbaru adalah JDK versi 7, yang mempunyai banyak fungsionalitas dan fitur baru. Namun sampai saat ini, JDK yang lazim digunakan untuk production code adalah JDK versi 6. Karena JDK versi 7 masih baru dan mungkin kita harus menunggu beberapa saat sampai semua aplikasi/platform mendukung penggunaan JDK 7. Sampai masanya, JDK yang stabil dan siap digunakan adalah JDK 6.

ok sekian dulu postingan ane kali ini , tunggu postingan ane berikut nya ya . thanks udah berkunjung , Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan jejak nya :2thumbup 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Power of Knowledge - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -