Posted by : Bima Dharmawan Putra Minggu, 14 April 2013

Keberadaan aplikasi sangat berguna ketika memang harus melibatkan aplikasi tersebut, terutama jenis-jenis aplikasi yang memang acap kali terlibat dalam kegiatan sehari-hari seperti Microsoft Office, Antivirus, Browser, Chat Client dan lain sebagainya. Namun, terlalu banyak aplikasi dengan fungsi yang sama justru dapat memberatkan komputer. Tetapi mencopot aplikasi ternyata tidak serta merta menghapus data yang dibawanya dahulu, sehingga perlu ada tindakan tambahan agar aplikasi benar-benar sirna dari komputer.

Uninstall aplikasi tanpa aplikasi tambahan

Nah, ini dia panduan uninstal program secara sempurna tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, agan dapat melakukannya sendiri tanpa aplikasi remover lainnya yang justru akan menambah beban komputer.

Akan ada 4 tahap yang akan ane bahas, antara lain:
  1. Mencopot program melalui Control Panel
  2. Menghapus sisa file dari folder program
  3. Menghapus Registry program
  4. Menghapus folder Temp program


Mencopot Progam Melalui control panel
  • Tanpa membuang waktu lagi, kita masuk ke langkah pertama yaitu mencopot program melalui fungsi Control Panel, kita mengambil aplikasi Mozilla sebagai bahan percobaan
Untuk Windows XP: Buka Control Panel – Add/Remove Programs
Windows Vista / 7:Buka Control Panel – Programs and Features – lalu pilih aplikasi yang ingin dicopot dan klik menu Uninstall.
Uninstall aplikasi melalui Control Panel pada Windows

Menghapus sisa file dari folder program

  • Walaupun program telah agan copot melalui Control Panel, tetapi beberapa files program kemungkinan besar masih tertinggal di dalam folder sistem. Untuk menghapus sisa file, agan dapat memeriksa folder berikut ini, jalankan fungsi Run dan masukkan salah satu kode berikut:

%programfiles% %appdata%
  •  Buka dahulu folder Program Files, temukan folder program yang masih tersisa lalu    hapus. 
Hapus semua file dan folder setelah proses uninstall aplikasi

  • Kemudian buka folder data aplikasi dengan mengetikkan %appdata% pada fungsi Run, kemudian temukan folder Mozilla dan hapus folder tersebut.
Membuang file dan folder aplikasi pada Windows

Menghapus Registry program

  • Dalam melakukan langkah ketiga ini, sebaiknya lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Dalam beberapa situasi, program yang dicopot tidak secara otomatis menghapus key registry sehingga justru memberatkan sistem. Untuk menghapus key registri jalankan fungsi RUN dan jalan satu persatu direktori berikut dan temukan direktori terkait program Mozilla.

HKEY_CURRENT_USER\Software
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE
HKEY_USERS\.DEFAULT\Software
  • Untuk Windows versi 64-bit pastikan Agan juga memeriksa direktori berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node
  • Temukan direktori terkait Mozilla dan hapus registry tersebut secara permamen.

Membuang aplikasi dari registry Windows

Menghapus folder Temp progam

  • Jalankan fungsi RUN dan ketikkan satu persatu perintah berikut ini:

%temp%
temp
  • Temukan folder yang berkaitan dengan aplikasi yang ingin agan hapus, dalam kasus ini adalah Mozilla kemudian hapus folder tersebut.
Hapus temporary aplikasi Windows

Setelah melakukan ke-empat langkah di atas, kini aplikasi Mozilla telah 100% terhapus dari sistem dan tidak lagi memberikan beban tambahan terhadap kinerja komputer. agan dapat melakukan tindakan yang sama kepada jenis aplikasi lainnya jia dirasa perlu.
ok sekian dulu postingan ane kali ini , tunggu postingan ane berikut nya ya . thanks udah berkunjung , Pengunjung yang baik akan selalu meninggalkan jejak nya :2thumbup

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Power of Knowledge - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -